PENINJAUAN KURIKULUM PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JANABADRA

Pendidikan sangat menentukan terhadap model manusia yang dihasilkannya. Kurikulum sebagai rancangan pendidikan, mempunyai kedudukan sentral; menentukan kegiatan dan hasil pendidikan. Penyusunannya memerlukan fondasi yang kuat, didasarkan atas hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam. Kurikulum yang lemah akan menghasilkan manusia yang lemah pula. Sehingga kurikulum perlu di lakukan peninjauan setiap tahun dan bila perlu dapat dilakukan perubahan. Demikian dikatakan oleh Aan Yunianto, SE., M.Si selaku sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra

Lebih lanjut Aan mengatakan bahwa, Pada tahun 2011 Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra juga sedang melakukan peninjauan kurikulumnya yang telah di pakai sejak tahun 2007 . Tinjauan terhadap kurikulum dilakukan dengan tujuan Melihat relevansi mata kuliah beserta pelaksanaannya (SAP, GBPP dan Silabi) terkait dengan perkembangan yang ada di dunia kerja/ Penyesuaian dengan kebutuhan dunia kerja, Pemuktahiran mata kuliah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan Memperluas wawasan dan cakrawala wacana serta meningkatkan kemampuan manajerial mahasiswa dengan memberi materi kuliah.

Guna memperoleh kurikulum yang dapat menjawab kebutuhan pasar maka Prodi Ekonomi Pembangunan melakukan beberapa kegiatan guna memperoleh hasil yang terbaik , diantaranya: Mengadakan diskusi dengan cara mengundang pengguna lulusan Prodi Ekonomi Pembangunan, Sektor Perbankan tentang prospek Perbankan di masa yang akan datang, Prodi Ekonomi Pembangunan di Universitas –universitas di Yogyakarta atau di luar Yogyakarta, alumni Prodi ekonomi Pembangunan, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan.

Sebarkan: Digg | Technorati | del.icio.us | Stumbleupon | reddit | Furl

Tuliskan komentar »

 

Tuliskan komentar


(*) Merupakan informasi yang wajib anda isi

*Nama
*Email
Website
*Komentar
Gambar konfirmasi
*Kode konfirmasi